LED Kreasi, Penerangan untuk Mobil

Seperti postingan saya yang kemarin tentang penerangan LED, kali ini saya akan mencoba bereksperimen membuat sebuah dome light yang biasanya untuk kabin mobil.


Langsung saja seperti biasanya supaya anda semakin jelas biar tidak panjang…. Rangakaian yang nanti saya terapkan merupakan rangkaian seri terdiri dari beberapa LED putih terang yang terdapat
banyak di pasaran elektronika, dan beberapa resistor yang di gunakan sebagai penahan tegangan.

Mengingat tegangan LED yang sangat kecil dan sumber daya tegangan besar.. anda harus tahu terlebih dahulu untuk penghitungan berapa nilai Resistor ideal yang digunakan sesuai kebutuhan.

Misal:
Lampu yang akan dipakai 4 buah led, dengan arus Led minimal 0,02mA, tegangan accu mobil 12 VDC. Pertanyaannya sekarang berapakah nilai Resistor yang ideal untuk menghambat tegangan 12VDC, agar LED tidak cepat mati?

Jawab:
Dengan menggunakan rumus umum:
(Vcc-Vled)/0,02mA=R jadi (12V-3,1V)/0,02mA=445Ω=470Ω ini jika LEDnya satu, jika 4?
Maka, (12V-(2,9V*4))/0,02mA=20Ω

Jadi, nilai resistor yang digunakan untuk 4 buah led adalah sebesar 20Ω, cara memasangnya seperti ini
Inilah hasil jadi buatan saya di bengkel kerja, ya…lumayan kalo dijual perbijinya seharga Rp.10ribu

Kalo anda berminat saya siap membuatkannya untuk anda, kalo tidak silahkan anda buat sendiri di rumah, bagaimana menurut pendapat anda?
LED Kreasi, Penerangan untuk Mobil LED Kreasi, Penerangan untuk Mobil Reviewed by Ihsan on August 08, 2010 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.