Mengajari Anak Belajar Elektronika dengan IC555

Merangkai komponen Elektronika sambil bermain dengan rangkaian khusus mainan anak-anak, sekaligus mengajari mereka mengenal dunia teknologi dan ilmu pengetahuan. Komponen yang dirangkai ini tidak banyak namun rangkaiannya dapat berfungsi dengan benar.

generator-signal-ic555

Keluaran glombang IC Timer 555 berupa signal kotak yang biasa disebut dengan clock signal. Generator sederhana ini bila keluarannya diberi lamp led maka hasilnya akan berkedip-kedip. sesuai nilai resistor dan kapasitor.

Komponennya sangat sedikit dan sederhana sekali dibuat dengan rangkaian yang sangat menarik dan anak-anak mudah memasangnya.

  • 1 10uF Kapasitor C3
  • 1 100 ohm Resistor R1
  • 1 LED Merah D1
  • Battery AA 2pcs

Proses pembuatannya

Langkah 1: Pasangkan kapasitor 10uF di kutub +, Langkah 2: Pasangkan komponen 100ohm Resistor R1, Langkah 3: Rangkai LED warna merah sejajar denga resistor R1 100.

Semoga pengenalan anak terhadap dunia elektronika menjadikan mereka mengenal dan mengerti cara kerja sebuah rangkaian elektronik.

Mengajari Anak Belajar Elektronika dengan IC555 Mengajari Anak Belajar Elektronika dengan IC555 Reviewed by Ihsan on April 04, 2014 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.