Kenapa Monitor CRT Titik Putih, Tanya Kenapa?

Pernahkah anda melihat monitor ketika dimatikan, terdapat titik putih terang yang lambat laun akan hilang. Jika kondisi ini segera tidak kita tangani akan berakibat terkikisnya segmen phosphor di dalam tabung.
Apa yang terjadi. Layar akan kelihatan bekas seperti titik yang terbakar. Mungkin agak bingung bagi sebagian orang karena kasus ini memang jarang.

Kemudian banyak anggapan orang itu penyebabnya dari tabung yang tua, atau tabung sudah rusak. Anggapan ini salah besar, selama ini saya sebagai teknisi mengamati gejala ini.


Ciri-ciri tabung rusak:
- Tidak akan berwarna jelas, atau pecah gambarnya.
- Gambar redup dan buram, bahkan beberapa kasus tidak akan terlihat sama sekali.
- Gambar menceng, karena kerusakan defleksi yoke.
- Perpaduan R-G-B kacau, settingan dari magnet keren rusak

Nah dengan ciri-ciri yang saya sebutkan di atas berdasarkan riset saya. Tidak dijelaskan gambar titik. Di saat dimatikan.

Penyebab utamanya adalah rangkaian G1 dari FlyBack yang bertegangan minus biasanya sekitar -30 VDC sampai -70 VDC jatuh ketitik nol bahkan tegangan berubah positif. Rangkaian inilah yang mengatur kerja Brightness pada layar LCD atau monitor CRT.

Jika tegangan ini tidak bekerja yang terjadi adalah timbul titik putih terang ketika dimatikan dan kontrol Brightness tidak berfungsi atau layar akan kelihatan redup tidak cerah.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *